Sekapur Sirih

Selamat datang di website resmi Wisata Bugar. Melalui website ini Anda akan dapat melihat informasi event Wisata Bugar di seluruh Indonesia.

Wisata Bugar adalah profesional event dalam bentuk Seminar dan atau Workshop mengenai Cara Sehat dan Bugar melalui Olah Napas yang didalamnya diberikan pemahaman secara sains dan medis menggunakan penjelasan biokimia dan biomolekuler serta frekwensi gelombang.

Satu-satunya dan pertama di Indonesia yang penjelasan olah napas dapat disusun secara logis, sistematis, dan terukur serta dibuktikan di tempat dengan menggunakan alat ukur medis yang disepakati.

Pembicara event ini adalah Mas Gunggung, seorang praktisi pencak silat Merpati Putih tingkat Khusus 1 asal Cirebon, yang merumuskan konsep olah napas agar dapat dijelaskan melalui sudut pandang biokimia dan gelombang. Menurutnya, para praktisi olah napas semestinya mulai belajar kaidah biologi pada dirinya untuk lebih memahami bagaimana olah napas berpengaruh pada perubahan metabolisme tubuhnya. Belajar olah napas adalah belajar ilmu pengetahuan mengenai tubuh hingga level terkecilnya dengan segala kebijaksanaan yang ada di dalamnya. Ia merupakan salah satu dari “ilmu selamat” yang kaidahnya sangat logis.

Metode olah napas yang diberikan juga telah dilakukan uji klinis di Klinik Medika Occupational Health Center (OHC) di Batu Ampar Jakarta Timur dibawah supervisi dari dr. Arief Wahyu Mulyana, MKK. Pasien yang menjadi subyek uji klinis terdiri dari penderita Tumor Thyroid berukuran 6 cm x 4 cm yang diderita selama 10 (sepuluh) tahun, penderita Gagal Ginjal Kronis (GGK) selama 5 tahun dan sudah cuci darah seminggu dua kali, penderita diabetes dengan nilai HbA1C 11.5%. Hasil dari uji klinis dapat dilihat pada halaman khusus mengenainya.

Event Seminar dan Workshop yang berhubungan dengan kaidah Olah Napas tradisional ini juga satu-satunya di Indonesia yang menggunakan berbagai alat ukur medis dan diukur di tempat semua perubahannya. Bagaimana olah napas dapat mempengaruhi metabolisme Oksigen, Glukosa, Lactate, dan Lemak akan dijelaskan di dalamnya dengan logis. Termasuk di dalamnya bagaimana strategi mengakses syaraf otonom (simpatik dan parasimpatik) menggunakan pendekatan HRV (heart rate variability) dan gelombang otak.

Selain uji klinis, penjelasan yang diberikan pada event juga telah dipresentasikan di depan 3 (tiga) profesor dan 7 (tujuh) dokter spesialis di RSIA YK Madira Palembang dan mendapat pengakuan dari Prof. Dr. dr. Nuraini Fauziah Kurdi, SpKFM, MPH yang diliput oleh Sumatera Pos. Dosen, Peneliti, dan sekaligus Guru Besar di Universitas Sriwijaya ini mengatakan bahwa ini adalah event pertama mengenai olah napas yang penjelasannya sangat logis, sistematis, dan komprehensif serta menggunakan berbagai alat ukur.

“Padahal pembicara bukanlah dokter, bukan pula doktor, dan juga bukan profesor, namun sangat paham dengan definisi, kaitan, dan korelasi antara satu biokimia dengan biokimia lainnya yang dipaparkan pada seminar. Ini sangat mengesankan”, ucap Prof. Fauziah Kurdi.

Tidak hanya itu, event-event ini juga sudah mulai terpublikasikan melalui media cetak dan elektronik seperti:

  1. Liputan Jawa Pos, 21 Mei 2016
  2. Liputan Radar Makassar, 4 Februari 2018
  3. Liputan Tribun Makassar, 4 Februari 2018
  4. Liputan Fajar Makassar, 3 Februari 2018
  5. Liputan Sumatera Express, 22 Januari 2019
  6. Liputan TVRI Palembang, 12 Maret 2018
  7. Liputan TVRI Palembang, 21 April 2019

Peserta akan merasakan atmosfer yang sangat berbeda dibandingkan seminar dan workshop olah napas sejenis yang umumnya berbicara mengenai aspek esoteris dan imajiner. Pada event ini, semua aspek akan dijelaskan secara logis dan diukur di tempat.

Wisata Bugar, proven method predictable result!