HRV pada Kelas WB Clinical Update 2021

HRV pada Kelas Clinical Update 2021

Di bulan Desember ini kelas Clinical Update telah mencapai over kuota dari yang semula hanya maksimal 50 orang saja menjadi total 60 orang.

Kelas-kelas pelatihan MG isinya ya belajar dan belajar saja dari sisi aspek kesehatan. Banyak topik-topik mengenai hubungan antara olah napas dan berbagai aspek sains dan medis yang dibahas. Tentu saja diharapkan peserta memiliki alat ukur yang dipersyaratkan.

Bagaimana jika belum punya alat ukurnya?

Tidak apa-apa, tetap dapat belajar dari yang sudah punya dan membagikan screenshot-nya ke group WA agar dapat menjadi pembelajaran bagi yang lain. Saya kemudian menjelaskan ini dan itu maksudnya apa.

Salah satu yang sangat penting dan mendapat perhatian khusus adalah mengenai Gelombang Jantung via HRV (heart rate variability) dan Gelombang Otak via EEG. Adapun pembahasan mengenai EEG akan dilakukan kemudian.

HRV dapat dijadikan prognosis untuk mengetahui apakah intervensi yang kita lakukan terhadap sebuah aktivitas mengarah pada perbaikan atau pemburukan.

Misal, jika saat ini Anda sedang sakit dan kemudian dilakukan intevensi dengan herbal maka HRV dapat dijadikan prognosis untuk melihat apakah herbal yang Anda konsumsi dan yakini itu membawa perbaikan atau pemburukan pada tubuh Anda.

Demikian juga dengan olah napas.

Jika saat ini Anda sedang sakit dan kemudian dilakukan intervensi dengan olah napas maka HRV dapat dijadikan prognosis untuk melihat apakah olah napas yang Anda lakukan dan yakini itu membawa perbaikan atau pemburukan pada tubuh.

Bahkan terhadap Diabetes Melitus Tipe 2 dan Kanker juga dapat menggunakan HRV sebagai prognosis untuk melihat apakah intervensi yang Anda lakukan membawa perbaikan atau pemburukan. Demikian juga dengan COVID-19.

Disini, peserta belajar memahami berbagai variabel-variabel dan parameter HRV beserta dengan maksudnya apa. Apa artinya LF, HF, SDNN, RMSSD, PNN50, dan sebagainya. Bagaimana cara memahami angka-angka tersebut ketika ia dijadikan prognosis terhadap suatu intervensi.

Bagaimana angka-angka itu kemudian dapat “berbicara” pada Anda dan memberikan pemahaman.

Bagaimana mengetahui apakah kelistrikan pada tubuh Anda, energi elektromagnetik pada tubuh Anda saat ini sedang berada pada yang diharapkan atau tidak? Semua dapat dilihat dan dianalisa.

Juga untuk mengetahui apakah ritme yang sedang dilakukan saat itu benar berada pada frekwensi yang diharapkan atau tidak? Apakah tekniknya sama hasilnya pada tiap peserta atau tidak? Dan banyak lagi.

Mumpung masih muda, mumpung masih sehat, mumpung masih mampu, ayo belajar saja terus. Pahami sedikit demi sedikit sehingga nanti Anda memiliki kesiapan mental dan ilmu ketika datang ujian yang entah kapan.

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →