Presentasi Singkat dr. Gardjito dengan Tema “30 Hari Tanpa Gula”

Minggu ini tema presentasi dari dr. Gardjito, urolog senior RSAL Mintohardjo, adalah mengenai “Tanpa Gula 30 Hari”.

Saya membuka dengan menceritakan bagaimana sembilan tahun lalu kami disini selalu mengukur HbA1C peserta dengan menggunakan alat saya sebagai screening awal dan setelah itu uji laboratorium di RSAL Marinir Cilandak sebagai tolok ukur medisnya.

Alhamdulillah hasilnya, dari seluruh peserta lansia purnawirawan yang berlatih Metode Napas Ritme ini yang awalnya >50% populasi (15 orang peserta) terdiagnosa diabetes kemudian setelah latihan rutin selama 6 bulan hanya 1 peserta saja yang masih terdiagnosa diabetes.

Setelah setahun berlatih semua peserta kelas olah napas Metode Napas Ritme ini alhamdulillah nilai HbA1C <6.5% yang berarti terbebas dari diabetes. Alhamdulillah.

“Anda bagaimana?”, tanya dr. Gardjito.

“HbA1C saya 5.4% pak tahun 2021 lalu berdasarkan hasil uji laboratorium Prodia.”, jawab saya.

“Wah bagus sekali. Mestinya memang begini. Pelatih harus memberi contoh yang baik pada kimiawi darahnya…”, lanjut dr. Gardjito.

Dan beliau meneruskan presentasinya yang sangat menarik.

Pada salah satu slidenya ada pembahasan mengenai konsep Neuroplasticity pada otak. Persis seperti yang sering saya jelaskan selama ini.

Beliau merasa cocok dengan Metode Napas Ritme ini beserta dengan penjelasan teorinya. Itulah yang memutuskan beliau terus ikut metode ini.

Dan insya Allah beberapa dokter kolega beliau di rumah sakit dimana beliau praktek sudah tertarik dan ingin membuat kelas baru olah napas Metode Napas Ritme ini. Alhamdulillah.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Data HbA1C 5.4% untuk tahun 2021

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →