Alat ukur EEG, Muse S, sebagai Alternatif Pembelajaran Gelombang Otak pada Metode Napas Ritme

Muse S ini dapat digunakan sebagai portable EEG tidak hanya untuk aktivitas meditasi saja melainkan juga aktivitas lain seperti senam, yoga, dan aktivitas dinamis lainnya.

Oh iya, juga dapat dipakai untuk mengukur gelombang otak kita saat tidur.

Ya, alat ini dapat dipakai sambil kita tidur malam harinya.

Para peserta kelas WB Clinical Update bulan Desember mendatang, dengan izin Allah yang Maha Pemberi Rezeki, sudah mulai melengkapi alat-alat ukur. Meskipun harganya tidak murah.

Satu unit Muse S ini harga masuk Indonesia (termasuk pajak-pajak ini itu) sekitar 7 juta.

Saya sering katakan, bagi mereka yang berprofesi instruktur pada latihan tradisional maka wajib punya alat ukur ini untuk mengetahui apa yang terjadi saat sedang melakukan meditasi atau aktivitas lainnya.

Apa yang didapat dari mengetahui gelombang otak ini dan itu?

Ada banyak hal.

Pertama, memastikan ketepatan untuk masuk pada gelombang yang diinginkan. Sebab, antara latihan dan pengukuran kadangkala tidak bersesuaian. Adanya alat memastikan ketepatan masuk pada gelombang yang diharapkan.

Kedua, mengamati fenomena. Kita mungkin tidak tahu napas X cenderung menghasilkan gelombang otak apa. Napas Y cenderung menghasilkan gelombang otak apa. Termasuk juga gerakan ini dan itu, yang dilambari dengan napas ini dan itu akan cenderung menghasilkan gelombang otak apa. Dan seterusnya. Ini dapat menghasilkan data-data pada suatu aktivitas napas, gerakan, dan sebagainya.

Ketiga, melakukan pengembangan dan terobosan baru. Bahwa memasuki suatu gelombang otak tertentu ada banyak cara. Tidak hanya satu. Bahkan, dalam perjalanan pengamatan saya, ditemukan bentuk-bentuk gerakan dan napas ini dan itu yang menghasilkan gelombang otak yang sama. Padahal jenis napasnya sedemikian berbeda.

Bagaimana ketika napas ini dan itu dilatih berurutan ternyata gelombang otaknya “mengalir” menuju tertentu. Dan ketika napas itu dibalik urutannya ternyata gelombang otaknya ikut mengalir kebalikan.

Menarik, bukan?

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →