[Studi Magister (S2)] – Fase Pengumpulan Data Karya Tulis Program Magister Mengenai Napas Ritme

Alhamdulillah telah dimulai sesi pengumpulan data dan analisis awal untuk pembuatan karya tulis mengenai Napas Ritme pada program Magister (S2).

Kita menggunakan Kubios HRV Premium versi berbayar untuk mendapatkan analisa data yang lebih banyak lagi. Versi berbayar Kubios HRV ini memiliki lebih banyak fitur dengan lebih banyak data yang dapat dilakukan analisa.

Kubios HRV merupakan aplikasi yang dipakai di lebih dari 1200 universitas pada 128 negara dan telah memiliki lebih dari 4500 publikasi ilmiah. Maka, menggunakan software ini tentu memiliki derajat yang lebih baik dibandingkan software biasa.
Data-data akan dikumpulkan dan menjadi basis data serta dasar pengetahuan bagaimana korelasi antara napas dan frekwensi serta perubahan pada tubuh (fisik pada metabolisme, psikis, dan rasa).

Dapat dilihat pada beberapa contoh gambar dibawah ini dimana ritme napas yang dilakukan dapat TEPAT SEKALI berada pada prediksi frekwensi yang diharapkan.

Kita juga menggunakan Polar H10 sebagai alat untuk mengukur data HRV. Polar H10 ini merupakan standar paling tinggi alat non medis yang akurasi data Heart Rate-nya paling dekat dengan HR yang dihasilkan oleh EKG jantung.

Saat sesi pengumpulan data juga dapat dilihat langsung bagaimana subyek yang mengalami ‘micro sleep’ pada saat itu. Terlihat langsung dari bentuk grafik yang berbeda. Juga apabila ada semacam ‘rasa sakit di dalam’ akan terlihat pada bentuk grafik yang juga berbeda.

Data-data ini akan sangat bernilai nantinya dan dapat dipergunakan untuk banyak hal dari mulai kesehatan ringan dan berat hingga performa atlet, program latihan, pemberian nutrisi, bahkan hingga pada psikologis orang per orang.

Sudah sejauh itu.

Adanya karya tulis Magister ini, dan akan menyusul karya tulis Doktoral (S3) serta Spesialis, akan menguatkan dasar teori Napas Ritme dari sisi ilmiah. Karya tulis berbahasa Indonesia tidak banyak pada wilayah ini. Sehingga nantinya bisa dikatakan “Metode Napas Ritme itu ILMIAH”, tidak mengarang bebas.

HRV saat ini sudah dapat diibaratkan seperti halnya ‘sidik jari’ pada tangan Anda atau ‘kornea’ pada mata Anda. Yakni sesuatu yang sifatnya unik dan khas pada setiap orang. Ia merespon cepat sekali pada suatu perubahan di dalam tubuh (baik secara metabolisme maupun psikis).

Ketika didemonstrasikan pada orang yang berbeda namun sepaham, yang juga kelas doktoral, tidak perlu waktu lama untuk memutuskan dan langsung saja bertanya, “Mas Agung, apakah Anda bisa ke Kalimantan nanti untuk presentasi? Kami mau metode ini dijelaskan dan dipakai disana… Adapun untuk penyediaan alat-alat dan kebutuhan lainnya kami akan siapkan semua…”

Dan ya begitulah kehidupan… Mengalir saja…

Pikiran ketemu dengan pikiran.

Apa adanya saja, sesuai dengan kaidah resonansi.

Teori metode Napas Ritme terbuka di group ini atau di website saya. Silahkan dibaca jika dirasa perlu. Latihannya juga tersedia, bagi yang berminat. Yang tidak ingin ikut latihan dan maunya gratis juga sudah tersedia via Youtube. Ada 7 hari sesi latihan free lengkap beserta dengan audionya untuk membantu Anda dalam memperbaiki kualitas paru-paru dan oksigenasi dalam darah dan jaringan.

Teknik pada 7 hari diatas akan meningkatkan SpO2 dan sekaligus melakukan perbaikan masalah kardiovaskular jika ada. Anda juga menjadi lebih tenang setelahnya. Plus video-video lain dengan topik yang berbeda untuk sekedar menambah pengetahuan dan meluaskan sudut pandang.

Ritme-ritme yang diberikan disana juga dapat sebagai tolok ukur sejauh mana kemampuan paru-paru And secara logis.
Misalnya, jika Anda mampu mencapai Ritme 15:15 dengan mudah maka paru-paru Anda insya Allah baik-baik saja. Apalagi jika Anda mampu melakukan Ritme 20:20 maka sudah powerful paru-paru Anda.

Jika mampu mencapai hingga ritme 25:25 maka paru-paru Anda super!

Anda punya “tabungan napas” jauh lebih banyak dibandingkan yang lain. Mudah-mudahan dengan ikhtiar “tabungan napas” ini akan memperpanjang usia. Insya Allah.

Bagi yang sedang terdampak Covid-19 dapat jadikan ukuran ritme pada Youtube saya untuk mengetahui sejauh mana kualitas napas. Boleh dicoba saja, Anda berhenti pada ritme berapa pada audio instruksi yang saya berikan disana. Coba mulai dari Ritme 5:5 dulu yang mudah.

Berikutnya naikkan sesuai audio menjadi Ritme 10:10, Ritme 15:15, Ritme 20:20, dan Ritme 25:25. Hingga puncaknya pada Ritme 30:30.

Coba saja. Dan ukur sampai dimana kita mampu berada ritme yang mana.

Silahkan subscribe jika berkenan. Jika tidak juga tidak apa-apa. Bebas-bebas saja.

Pada hanya satu video sesi teori latihan program 21 hari Napas Ritme, sudah ditonton lebih dari 3000 kali. Ini sebuah jumlah yang luar biasa.

Dan mengingat pandemi yang mulai ramai lagi dimana kita saksikan sudah mulai bermunculan secara sering pada linimasa ucapan belasungkawa maka program 21 hari latihan Napas Ritme tahap ke-3 insya Allah akan dilanjutkan kembali bulan Juli mendatang.
Akan ada pembahasan singkat mengenai apa-apa yang dapat dilakukan oleh olah napas terhadap varian Delta Covid-19 ini. Konsepnya tetap berlatih ringan namun tetap powerful dan membangun neuroplasticity agar Anda kuat dalam melakukan perubahan di kemudian hari.

Frekwensi yang sama akan saling beresonansi.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Salam hangat,
MG

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →