Selangkah Menuju Penelitian Ilmiah

Satu langkah lagi, dan penelitian ilmiah pertama Metode Napas Ritme akan lahir. Selain menggunakan HRV, juga akan dipresentasikan metode Napas Ritme untuk melakukan intervensi pada gelombang otak.

Kalau untuk HRV pada metode Napas Ritme akan digunakan 15-20 orang subyek.

Sedangkan untuk gelombang otak, subyeknya nanti saya sendiri dulu baru kemudian diduplikasi oleh subyek lain.

Bagaimana cara masuk ke gelombang Alpha secara terukur? Cara masuk ke Delta, Gamma, dan sebagainya. Kita akan menggunakan EEG yang 16 channel.

Setelah itu, ditulis, direkam, dan dijadikan dasar penelitian. Insya Allah akan jadi rujukan bagi mereka-mereka yang ingin mengetahui lebih detail korelasi antara olah napas dan gelombang jantung serta olah napas dan gelombang otak.

Step berikutnya… Jurnal ilmiah.

Siapa yang membuat studi-studi ilmiah itu nantinya? Tentu saja bukan saya. Saya adalah sebagai inspirator dan peraga pertama untuk pembuktiannya dulu. Baru kemudian diduplikasi kepada orang lain.

Lakukan saja yang terbaik, dan biarkan Allah yang akan meluaskan jalannya. Sebab jika itu baik menurut Allah, maka jalan akan dibuka. Akan didatangkan orang-orang yang sepaham pada kemajuan ilmu pengetahuan. Akan didekatkan pada orang-orang yang berpikiran sama.

Dan akan Allah mampukan untuk melakukan semua itu pada pikiran, tenaga, dan biaya.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Salam hangat,
MG

Kalau ini bukan properti dari panitia ya, tapi laptop dan layar kerja sehari-hari. 😀

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →