Milestone ke-1, Program Olah Napas Transformasi 21 Hari Ramadhan

Tak terasa program transformasi 21 hari Ramadhan sudah memasuki hari ke-10.

Setelah melewati milestone pertama yakni pada hari ke-1 hingga hari ke-7, maka pada hari ke-8 hingga hari ke-14 akan diberikan tantangan pertama yakni melakukan gerakan 1/2 sit up sebanyak total minimal 1000x.

Tentu saja sebelum program ini dimulai, saya sudah melakukan analisa dan pengukuran variabel-variabel yang menyebabkan terjadinya ‘overtraining’ dan memastikan bahwa materi yang diberikan tetap akan menghasilkan dominasi syaraf parasimpatik pada syaraf otonom peserta.

Hal ini bisa dilihat pada peserta yang telah memiliki alat ukur HRV dan mengukur bagaimana kondisi syaraf otonomnya selesai latihan menunjukkan hasil yang sama, yakni dominasi syaraf parasimpatik dan atau toleransi syaraf simpatik pada nilai rasio < 2 namun dengan nilai PNN50 diatas 1%.

Tentunya nilai-nilai yang ada pada hasil tersebut harus dipelajari dulu apa maksudnya dan apa korelasinya dengan aktivitas yang sedang dilakukan saat itu. πŸ™‚

Terlihat bagaimana hanya dalam 2 (dua) hari saja peserta diberikan tantangan untuk melakukan gerakan 1/2 sit up dan sudah ada yang mencapai total nyaris 500x.

Artinya, untuk mencapai target gerakan 1/2 sit up sebanyak total 1000x hanya diperlukan perkiraan waktu selama 2-4 hari lagi saja!

Dan target itu insya Allah akan terlampaui.

Kok bisa sekuat itu?

Insya Allah bisa.

Selama pengkondisian olah napasnya benar, pengkondisian frekwensinya tepat, maka otot akan menjadi sangat kuat untuk melakukan itu semua meski dengan repetisi ekstrim sekalipun.

Apalagi jika nanti adaptasi toleransi CO2 yang semakin baik, maka durasi dan repetisi akan dapat ditingkatkan sampai batas yang sulit dibayangkan.

Peserta selalu ditekankan agar jujur saat melakukan sesuai dengan kemampuannya dan usaha terbaiknya yang ingin dilakukan pada dirinya. Tentu semua mesti rasional dan aman.

We are what we believe!

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →