Perkembangan Kelas Zoom Olah Napas untuk Angkatan Laut

Sejak September lalu, latihan olah napas untuk kelas purnawirawan TNI AL yang awalnya hanya untuk Paguyuban AAL-10 kemudian atas instruksi Bapak Laksamana TNI (Purn) Tanto Koeswanto diluaskan untuk beberapa AAL angkatan lainnya. Termasuk beberapa paguyuban purnawirawan di beberapa kota seperti Surabaya dan Bandung.

Bulan November lalu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) juga sudah mulai bergabung dengan kelas purnawirawan AAL-10 menggunakan pelatihan online berbasis Zoom. Insya Allah akan diluaskan untuk LVRI daerah-daerah lain.

Sejauh ini, metode Napas Ritme yang sudah dilatihkan kepada AL meliputi:

  1. Paguyuban purnawirawan AAL-1, AAL-8, AAL-10, dan AAL-16
  2. Sudah dilatihkan untuk 3 (tiga) Laksamana yakni Laksamana (Purn) Tanto Koeswanto, Laksamana (Purn) Arief Koesharyadi, dan Laksamana TNI Siwi Sukma Adjie.
  3. Sudah dilatihkan kepada para Perwira Menengah dan Perwira Tinggi TNI AL di Markas Besar TNI AL (Mabes TNI AL) dengan peserta lebih dari 200 orang pamen dan pati.
  4. Dilatihkan kepada Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL dengan peserta lebih dari 100 orang.
  5. Diperkenalkan dan dilatihkan kepada Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan peserta lebih dari 200 orang.
  6. Dilatihkan kepada para dokter di RSAL Marinir Cilandak dengan peserta lebih dari 20 dokter.
  7. Dipresentasikan dan dilatihkan kepada lebih dari 40 dokter dan tenaga perawat di RSAL Mintohardjo.
  8. Membantu para keluarga purnawirawan yang tergabung pada latihan diatas dari sisi preventif, paliatif, rehabilitatif, dan kuratif berbagai masalah kesehatan ringan maupun berat sejak 7 (tujuh) tahunan lalu.

Semua hasil pengukuran menggunakan patokan uji laboratorium medis.

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →