Pure Intermittent Hypoxia

PURE INTERMITTENT HYPOXIA

Oleh: Mas Gunggung


Kalau dibilang “kebetulan”, ya bisa diduplikasi.

Kalau dibilang “batere lemah”, ya status batere diatas 75%.

Kalau dibilang “alat rusak”, ya baru beli dan sudah di test berfungsi normal semua.

Olah napas memang akan terlihat “ajaib” ketika dilakukan pengukuran pakai alat. Bahkan kadang kita sendiri sebagai pelaku sulit untuk percaya.

Ingin cerita kepada orang lain? Tentu saja orang itu akan sulit percaya juga. Hahaha.

Namun inilah kenyataannya yang bisa dibuktikan. Disitulah pentingnya alat ukur dan teori logis yang mendasarinya.

Ingin mengubah gelombang otak? Juga bisa via olah napas. Masuk ke kondisi sadar Alpha, sadar Delta, sadar Theta, sadar Gamma. Itu bisa kita lakukan dengan “relatif” mudah melalui metode Wisata Bugar yang disebut dengan “Napas Ritme”.

Disebut “relatif mudah” tentu saja karena metodenya diberitahukan. Kalau tidak? Ya Anda setengah mati cari cara untuk masuk ke gelombang otak spesifik. Kalaupun bisa, sifatnya tidak ajeg dan dengan tingkat fluktuasi tinggi. Pun jika diajarkan kepada orang lain maka hasilnya akan fluktuatif.

Ingin menggerakkan cairan batang otak atau Cerebrospinal fluid (CSF)? Lagi-lagi bisa lewat olah napas. Makin tua, gerakan CSF ini makin melambat. Olah napas membantu untuk meningkatkan pergerakan CSF.

CSF ini keren banget. Kapan waktu nanti saya bahas teorinya terpisah disini. Bagi yang ikut kelas saya, sudah belajar lebih dulu apa dan bagaimana CSF dan strategi menggerakkan cairan yang mengisi sepanjang tulang belakang hingga seluruh otak ini. Sudah merasakan rasanya, baik subyektif maupun obyektif.

Kembali kepada perlakuan SpO2 via olah napas.

Manusia bisa kok dikondisikan untuk masuk pada kondisi Intermittent Hypoxia dan mengambil manfaat dari kondisi tersebut. Namanya “Intermittent” artinya sementara, singkat saja, temporary. Meski singkat, itu sudah cukup bagi sel untuk melakukan perubahan pada metabolisme secara signifikan.

Banyak kondisi metabolisme yang ketika “dipuasakan” maka akan menyebabkan perubahan fundamental pada diri, utamanya pada sel. Seperti terlihat pada video dibawah ini yang mengkondisikan SpO2 pada level terendah 0-1%.

Batas yang mungkin dianggap mustahil atau tidak masuk akal.

Semua murni teknik.

Semua ada pemahamannya. Yang ketika pemahaman itu dipelajari, maka sisi yang dikenal dengan istilah “ajaib” akan menjadi sisi ilmu pengetahuan.

Bisa diduplikasi, bisa diukur, ajeg, dan dengan hasil yang sama ketika diterapkan pada orang lain.

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →