Olah Napas + Nutrisi

OLAH NAPAS + NUTRISI

Oleh: Mas Gunggung

__________

Barusan ada yang bertanya, kenapa kok pada olah napas dibahas juga mengenai nutrisi? Nampaknya yang bertanya membaca postingan di group ini mengenai website Examine.com mengenai nutrisi.

Dulu, sewaktu saya mersudi dan melakukan ‘riset’ mengenai olah napas kemudian membawa saya mengembara pada dunia nalar dan logika untuk memahami dari sisi biomekanik dan biokimia olah napas maka saya menemukan banyak sekali molekul-molekul yang terpengaruh dari aktivitas olah napas ini.

Pengaruh terhadap Asam-Basa misalnya, itu tidak akan lepas dari Hidrogen dan beberapa zat lain seperti CO2, HCO3, Anion, dan Kation. Kemudian ketika misalnya terjadi kenaikan X akan menyebabkan gerbang ion Y terbuka. Jika misalnya terjadi penurunan Z maka akan menyebabkan gerbang ion A terbuka. Dan seterusnya.

Terdapat korelasi langsung pada perubahan metabolisme ketika suatu teknik olah napas dilakukan.

Kemudian, saya juga terinspirasi dari ramuan “Sapto Tunggal” yang mesti dikonsumsi ketika selesai melakukan suatu teknik olah napas tertentu. Di zaman sekarang nyaris sudah tidak ada lagi yang membuat ramuan itu lagi. Padahal, kalau diteliti pada ramuan itu ada beberapa komposisi nutrisi yang ‘berhubungan’ dengan defisit yang timbul dari latihan olah napasnya dan segera ‘ditutupi’ dengan nutrisi dari ramuan tersebut.

Ada alasan kenapa selesai latihan mesti meminum suatu ramuan tertentu. Dan ini terjadi nyaris di semua tradisi beladiri dan juga budaya. Misalnya, pada tradisi Yoga dengan Ayurveda atau tradisi China dengan ramuan Herbal, dan sebagainya.

Website Examine.com ini sungguh sangat membantu saya untuk menemukan hubungan kausalitas antara metabolisme dengan asupan nutrisi nyaris pada semua aspek. Sehingga, pada beberapa studi pasien yang menjalani latihan metode MG ini dengan paralel asupan nutrisi tertentu maka perubahannya luar biasa pesat. Tentunya semua mesti jelas, terukur, dan bisa dibuktikan.

Saya, untuk saat ini, sudah merumuskan olah napas X mesti ditambah nutrisi jenis Z untuk mengurangi dampak atau untuk meningkatkan kemampuan dan memperbesar prosentase kesembuhan.

Memang pengetahuan mengenai olah napas + nutrisi ini belum pernah saya tulis dan publikasikan dalam bentuk tulisan apapun. Sebab saya mesti cukup data, cukup rujukan, dan cukup matang saat nanti mulai menuliskannya. Sudah pasti akan banyak sekali pertanyaan ini dan itu.

Berbagai jenis nutrisi sudah diujicoba dari yang sekedar buah atau sayuran hingga suplemen multivitamin tertentu. Berbagai merk suplemen juga sudah dicoba dan ketemu beberapa yang paling pas karena komposisi yang spesifik atau pada jumlah yang cukup pada zat yang dibutuhkan. Banyak yang sudah merasakan manfaatnya dari kombinasi pengetahuan ini.

Sederhananya, teknik olah napas yang MG kembangkan apabila ditambah dengan asupan nutrisi sebelum atau sesudah (bergantung tekniknya dan frekwensinya) maka akan menyebabkan tubuh pulih atau meningkat kemampuannya dengan cepat. Bisa diukur.

Teknik olah napas spesifik memerlukan jenis nutrisi spesifik berdasarkan perubahan metabolisme biokimia saat dan setelah teknik itu dilakukan.

Maka, mersudi ini tidak akan ada habisnya dan selalu membuka peluang baru untuk menghasilkan inovasi dan pengetahuan baru di masa yang akan datang.

“Barangsiapa mengamalkan apa-apa yang ia ketahui, maka Allah akan mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya” (HR. Imam Ahmad)

Semoga menambah pengetahuan dan menyemangati.

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →