COVID-19 SURVIVOR (11)

COVID-19 SURVIVOR (11)

Ini adalah kasus pasien yang mengalami re-aktivasi virus COVID-19 setelah sebelumnya (30 Juni 2020) diagnosa pneumonia akut dan paru-paru berkabut dengan diagnosis positif COVID-19 dengan gejala nyata kondisi sesak, demam, rasa badan tidak karuan.

Alhamdulillah menjadi negatif setelah semua protokol kesehatan dijalankan plus intervensi olah napas saat itu.

Namun kemudian pasien mengalami positif lagi tanggal 29 Juli 2020. Ada kemungkinan sisa virusnya yang belum tuntas sehingga ketika diperiksa ulang kembali positif sebulan kemudian. Namun kalau melihat rentang waktu yang 1 bulanan dari negatif sebelumnya maka memang faktor viral load ini cukup berperan.

Viral load meningkat ketika kita mulai abai dengan protokol kesehatan (3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) sehingga akumulasinya semakin tinggi. Dan kita tidak paham kondisi-kondisi yang meningkatkan imunitas itu apa saja dan bagaimana saja. Sehingga “timbangan” antara titer antibodi dan viral load lebih besar pada viral load-nya.

Maka, pahami benar pengetahuan olah napas sebagai “pegangan” untuk berjaga-jaga.
Vitamin bisa tidak terbeli atau lupa terbawa. Tapi Oksigen akan selalu ada di alam ini. Manfaatkan pengetahuan Oksigen dengan baik. Pahami korelasinya dengan olah napas. Sebab tidak semua jenis aktivitasnya dapat mempercepat penyembuhan.
Pelajari benar metabolisme tubuh yang terpengaruh dengan olah napas yang kita lakukan.

Gunakan alat ukur standar medis seperti Oxymeter untuk melihat nilai HR dan SpO2 kita. Wajib sudah di era pandemi ini Anda memiliki Oxymeter. Ukur selalu harian pada kondisi pagi hari sebelum beraktivitas.

Alhamdulillah pasien yang mengalami re-aktivasi ini kembali pulih total dengan CT scan thorax bersih normal seperti sedia kala. Intervensi olah napas terbukti lagi sebagai pendamping terbaik pasien COVID-19. Asal paham mekanismenya.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →