COVID-19 SURVIVOR (1)

COVID-19 SURVIVOR (1)

Beliau berdua divonis COVID-19 dengan bukti swab PCR positif. Kemudian harus menjalani isolasi di rumah sakit tanpa ditemani keluarganya.

Hanya berdua saja.

Suami istri.

Sang suami berusia 77 tahun, dan istri tercintanya berusia 70 tahun.

Berdasarkan resiko usia, beliau berdua termasuk yang paling rentan dengan infeksi virus COVID-19. Resiko komorbid keduanya adalah hipertensi dan masalah kardiovaskular.

Selama masa isolasi beliau melakukan semua protokol kesehatan yang diwajibkan rumah sakit dan meminum vitamin. Aktivitas lain yang dilakukan adalah mengaji/ibadah, istirahat total, PLUS beliau berdua berlatih Napas Ritme dengan rajin yang dipandu dan selalu diingatkan oleh putrinya. Kebetulan putrinya pernah belajar olah napas ini selama beberapa tahun (Napas Ritme, oPH, Otonom, Humming, dsb) sehingga memudahkan dalam memberikan teknis latihan dan bagaimana penyampaiannya untuk orang tua.

Satu hal yang juga sangat penting adalah adanya dukungan penuh dari pihak keluarga yang sangat kuat dan penuh cinta kasih sayang selama masa isolasi.

Masa isolasi rumah sakit dimulai tanggal 26 Mei 2020 segera setelah muncul hasil swab POSITIF COVID-19. Kedua pasien harus melakukan 2x swab dengan hasil negatif untuk diizinkan pulang.

Setelah menjalani semua protokol kesehatan, vitamin, mengaji/ibadah, istirahat total, PLUS olah napas maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Swab pertama dilakukan tanggal 3 Juni 2020 dengan hasil NEGATIF.
  2. Swab kedua dilakukan tanggal 6 Juni 2020 dengan hasil NEGATIF juga.

Jadi, rentang isolasi dari rumah sakit diselesaikan selama 10-11 hari dengan hasil 2x swab semuanya NEGATIF.

Keduanya diizinkan pulang oleh rumah sakit.

Putrinya dan keluarganya bersyukur kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, saudaranya juga positif COVID-19 dan menjalani isolasi rumah sakit berdua bersama anaknya. Keduanya melakukan protokol yang sama dengan hasil 2x swab juga NEGATIF.

Alhamdulillah.

Semoga menyemangati.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Ayo perbaiki kondisi kesehatan metabolik kita semaksimal mungkin.

Salam hangat,
MG

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →