LV Ejection Fraction Jantung Membaik Setelah Latihan Olah Napas

Pasien diagnosa gagal jantung akibat dengan nilai LV Ejection Fraction awal hanya sebesar 17%. Normalnya nilai LV Ejection Fraction yang diharapkan adalah 50-70%.

LV Ejection Fraction ini menunjukkan kondisi kemampuan jantung untuk memompa darah yang ada di dalam bilik jantung keluar dari jantung. Jika nilainya sangat rendah menjadi prediksi kondisi gagal jantung.

Pasien kemudian berlatih olah napas selama kurang lebih 1,5 bulan. Setelah diarahkan, pasien mengalami perbaikan LV Ejection Fraction yang semula 17% kini menjadi 31%. Target selama 2-3 bulan masuk pada Normal. Insya Allah akan tercapai. Kondisi subyektif pasien berasa makin enak dan enteng pada jantungnya.

Latihan dipandu oleh mereka yang sudah ikut Wisata Bugar minimal 3x (Level 1 dan Level 2) dan sering diskusi serta konsultasi pada teori dan implementasi teknik pada berbagai masalah kesehatan.

Belajar ilmu olah napas tidak ada ruginya. Khususnya bagi diri sendiri dan bagi orang lain.

Kendalikanlah napasmu sebelum napasmu dikendalikan oleh yang lain (virus, bakteri, penyakit, stres, dll).

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Sebelum latihan olah napas
Setelah latihan olah napas
Referensi
Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →