Studi Paliatif – Pasien Gagal Ginjal terjadi perbaikan dalam 14x pertemuan

Pasien adalah laki-laki usia 43 tahun dan sudah menderita Gagal Ginjal selama setahunan dengan cuci darah seminggu 1x. Memutuskan untuk mencoba pendekatan olah napas pada aspek paliatif dan (mudah-mudahan) kuratif.

Hasilnya, dalam 14 hari latihan intensif terlihat perubahan dari sisi subyektif dan obyektif sbb:

A. Sebelum latihan: 30 April 2019
Hemoglobin: 6.9 g/dL
Kreatinin: 19.3 mg/dL
Asam Urat: 8.4 mg/dL
Urea: 109 mg/dL

B. Setelah latihan: 20 Mei 2019
Hemoglobin: 7.6 g/dL
Kreatinin: 17.2 mg/dL
Asam Urat: 7.5 mg/dL
Urea: 154 mg/dL

Terlihat ada kenaikan produksi Hemoglobin.

Ini persis seperti hasil uji klinis di klinik Medika OHC Jakarta Timur pada pak Suradi pasien Gagal Ginjal Kronis yang sudah 5 tahun cuci darah seminggu 2x. Pada studi kasus pak Suradi ini terlihat secara klinis nilai Hb cenderung trend menaik. Tidak ada data Kreatinin untuk saat ini yang disertakan kepada saya. Hanya berdasarkan lisan saja kalau nilai kreatinin masih fluktuatif namun dengan trend yang menurun.

Artinya, untuk sementara bisa dilihat adanya korelasi antara latihan metode olah napas ini dengan perubahan Hb dan Kreatinin. Tentunya masih diperlukan waktu untuk melihat sejauh mana perubahannya.

Adapun secara subyektif menurut keterangan pasien dia merasakan lebih bersemangat dan bertenaga, kualitas tidur juga jauh lebih nyenyak dari sebelumnya. Mudah-mudahan membawa perbaikan.

Kuncinya sabar, konsisten dengan perubahan, dan rutin latihan dengan pendekatan yang baik. Maka hasilnya mudah-mudahan ikut membaik. Insya Allah.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Salam hangat,
MG

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →