Kebugaran Goes to Home – Normalisasi Profile Lemak

Melakukan manajemen kimiawi darah via olah napas melalui program Kebugaran Goes To Home memang selalu menantang. Sebab mesti berhadapan dengan berbagai kimiawi darah yang dibangun dari perilaku yang berbeda-beda pada kesehariannya dari sisi pola pikir, pola makan, pola aktivitas, pola penyikapan hati, dan pola istirahat.

Namun perlahan tapi pasti pola bisa dibentuk sehingga hasil yang optimal dapat dicapai.

Penanganan Profile Lemak untuk membantu memperkecil resiko jantung koroner, penyumbatan, dan lain sebagainya mulai menampakkan hasilnya.

Menjaga nilai HbA1C, gula darah sewaktu, pH, Profile Lemak, dan sebagainya adalah paket yang masuk ke dalam program ini sehingga semua anggota keluarga terukur dan terlihat perkembangannya dalam bentuk nilai-nilai yang baik.

Mengajari dan melakukan edukasi pengetahuan-pengetahuan biokimia pada orang awam selalu menyenangkan untuk dilakukan. Misalnya mengenai pengetahuan Kolesterol.

Total Cholesterol sederhananya merupakan jumlah semua LDL dan HDL. Jadi sebenarnya tidak terlalu mewakili keadaan sebenarnya. Normal dibawah 200 mg/dL. Tapi misalpun tinggi belum tentu berbahaya. Tubuh sendiri setiap hari memproduksi 2000 mg cholesterol. 75% cholesterol yang ada adalah dari tubuh kita sendiri. Sisanya 25% dari makanan yang kita konsumsi.

Trigliserida (TG) adalah gabungan 3 rantai asam lemak bebas yg terikat oleh 1 molekul gliserol yg bisa menjadi gula. Jika kita mengkonsumsi banyak lemak dan banyak gula maka akan banyak terbentuk trigliserida. Namun jika kita makan rendah gula maka akan terbentuk sedikit trigliserida. Nilai normalnya adalah 40 sampai 160mg/dL. Jika trigliserida meningkat kemungkinan kita terlalu banyak mengkonsumsi banyak gula dan lemak. Jika meningkat drastis maka pertanda kita sedang tidak sehat.

LDL (Low Density Lipoprotein) adalah lemak yg dibungkus protein yg diproduksi oleh hati, fungsinya mengangkut lemak dari hati untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Biasanya bila terlalu tinggi akan menyebabkan obesitas, penumpukan lemak di organ dan penyumbatan pembuluh darah yg mengakibatkan stroke dan serangan jantung.

Apakah semua LDL pasti berbahaya? Belum tentu.

LDL dibagi 2 yaitu tipe A dan tipe B. Tipe A berbentuk molekul yg besar dan cenderung tidak padat. Tipe A ini jarang menyebabkan penyumbatan arteri. LDL tipe A ini akan meningkat jika banyak mengkonsumsi lemak jenuh (saturated fat) misal lemak hewani. Sedangkan tipe B berbentuk kecil kecil dan padat. Yg tipe B ini sering mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Tipe B meningkat jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula. LDL normal yang disepakati umumnya dibawah 100mg/dL. Tapi bila meningkat belum tentu pasti tidak sehat tergantung tipe mana yg meningkat.

HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yg dibungkus protein yg dihasilkan dari hati untuk mengambil/mengangkut lemak dari organ menuju ke hati untuk di metabolisme. Nilai normal harusnya diatas 45 mg/dL. HDL harus tinggi agar mengimbangi LDL.

Bagaimana kita mengetahui bahwa profil lemak kita baik atau tidak? Apakah misal LDL saya tinggi merupakan LDL tipe A atau B?

Pertama, lihat nilai Trigliserida, jika normal maka konsumsi gula kita tidak berlebih.

Kedua, lihat perbandingan Trigliserida(TG) dan HDL. Jika rasio TG/HDL dibawah 2 maka kemungkinan besar LDL kita adalah tipe A. Kemungkinan serangan penyumbatan pembuluh darah sangat kecil. Namun jika rasio TG/HDL kita antara 3 dan 5 maka sudah harus hati hati karena sudah ambang batas tinggi. Pola makan harus diubah. Namun jika Nilai TG/HDL adalah 6 atau lebih maka kita harus sangat waspada dan segera merubah pola dietnya, kemungkinan besar LDL yg ada adalah tipe B, dan orang itu berada dlm resiko besar terkena serangan jantung dan Stroke.

Kebugaran ini memberikan edukasi biokimia untuk membuat mereka yang mempelajarinya mengerti bagaimana tubuh bekerja.

Salam hangat,
MG

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →