Umat Kelapa Degan

Hari ini baru selesai bincang santai dalam bentuk seminar mini di salah satu komunitas. Awalnya agak bingung mengenai apa yang dibahas disana karena isinya banyak tenaga psikolog. Bagaimana caranya menjelaskan dengan baik namun tetap membawa kearifan lokal tradisional.

Akhirnya saya buka dengan penjelasan dan pemahaman mengenai KELAPA DEGAN. Judul depannya … “ILMU KELAPA DEGAN”

Kelapa berisi berbagai lapisan yang kita anggap saja sebagai “umat” yakni:

  1. Umat kulit kelapa
  2. Umat serabut
  3. Umat batok
  4. Umat daging
  5. Umat isi
  6. Umat santan
  7. Umat minyak kelapa

Lima yang pertama akan bisa didapat dengan kekerasan, otot. Sedangkan dua yang disebut terakhir hanya bisa didapat dengan PENGOLAHAN.

Lepaskan dan pisahkan kulit, serabut, batok agar supaya daging kelapa bersih dan nanti minyaknya tidak tengik. Santan hanya bisa didapat dengan mengolah daging kelapa yang diparut. Setelah diparut maka tidak boleh tunggu lama harus langsung diperas untuk dapat santannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya bau tengik pada minyak yang sudah jadi. Dapatlah santan kental atau Kanil. Kemudian diamkan untuk memisahkan antara Kanil dan endapan. Akan terbentuk 3 (tiga) lapisan yakni lapisan atas (VCO), lapisan tengah (blondo), dan lapisan bawah.

Dan minyak kelapa hanya bisa didapat dengan mengolah santan kelapa sedemikian rupa dengan cara dipanaskan hingga didapati minyaknya yang jernih/bening sehat menyehatkan.

Avatar

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises. Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →