Ilmu Kebahagiaan

ILMU KEBAHAGIAAN

Dr. Shigeo Haruyama dalam bukunya Nonai Kakumei yang diterbitkan oleh penerbit Sunmark Publishing Tokyo menjelaskan mengenai apa itu kebahagiaan dari sudut pandang kimiawi.

Secara kimiawi, ketika seseorang berada dalam kondisi bahagia, maka tubuhnya akan menghasilkan sebuah hormone yang Sangat ajaib. Hormon yang dimaksud Bernama beta-endorphine. Fungsinya adalah memperkuat tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, imunitas tubuh. Maka ia akan mempunyai kemampuan hebat untuk melawan berbagai penyakit. Jika hormone ini dilepas dalam jumlah cukup, efeknya pada seluruh tubuh, memperlambat proses penuaan, dan meningkatkan daya penyembuhan diri sendiri.

Sebaliknya, ketika seseorang merasa Sangat tertekan, otaknya akan mengeluarkan hormone Bernama noradrenaline, yakni hormone yang Sangat beracun. Diantara racun alami, hormone ini menempati urutan kedua setelah bisa ular. Meskipun hormone ini Sangat sedikit diproduksi otak, namun jika seseorang terus-menerus marah dan tertekan, racun ini akan membuatnya sakit, lebih cepat tua, dan potensi meninggal lebih besar.

Hormon beta-endorphine akan lebih cepat mengalir keluar apabila penyikapan hati terhadap suatu keadaan adalah POSITIF dan MENERIMA.

Katakanlah seseorang sangat tidak menyukai suatu hal, tetapi jika dia menghadapinya dengan positif dan menerima, maka otaknya akan melepaskan zat-zat yang baik bagi tubuh. Sebaliknya, apabila seseorang senang dan berkecukupan dalam hidup tapi dia marah, mendendam, sedih, maka tubuhnya akan melepaskan zat-zat yang merusak dirinya.

Penjelasan diatas dapat memberitahu kita betapa ajaran leluhur berupa NRIMO lan SABAR itu sangat menyehatkan.

Apabila menerima dan sabar saja sudah sedemikian menyehatkan apalagi ditambah dengan olah nafas MP. Hasilnya tentu menjadi berlipat-lipat ganda. Maka filosofi dan latihan itu memang seharusnya berpasangan dan tidak boleh terpisahkan.

Maka bahagiakanlah pikiran pada otak-otak kita sesuai dengan semestinya agar sehat. Jangan penuhi pikiran dengan hal-hal yang menyebabkan terjadinya pelepasan hormon beracun.

Semoga bermanfaat.

About MG

He is martial artist in Pencak Silat Merpati Putih. He develops health and wealth program in pencak silat based on breathing exercises which called "Napas Ritme". Individuals who are not scientists or engineers, but believe in the importance of science.

View all posts by MG →